Grojogan Kapuhan

Pandemi ini membuat kita tidak bisa kemana-mana. Apakah kita selamanya di rumah saja? Tentu saja tidak, kita harus bisa beradaptasi dan terus berkarya. Oleh sebab itu saya berusaha menyajikan tulisan seputar aktivitas ataupun wisata yang bisa dan aman dilakukan selama pandemi.

Kali ini saya akan memperkenalkan wisata Jawa Tengah yang berlokasi di daerah Magelang, Dusun Kapuhan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, yaitu: Grojogan Kapuhan. Grojogan adalah bahasa jawa yang artinya air terjun. Sebenarnya, Grojogan Kapuhan adalah sebuah dam sungai yang airnya mengalir deras bagaikan air terjun dan tidak pernah surut walaupun dimusim kemarau seperti saat ini.

Grojogan Kapuhan, Magelang, Jawa Tengah.

Banyak orang yang belum tahu lokasi tersebut sehingga tempatnya belum terlalu ramai, sangat cocok dijadikan destinasi wisata di tengah pandemi. Apalagi bagi para pecinta alam maupun fotografi. Spotnya juga cukup instagramable bagi para pencari konten. Kita bisa berwisata ataupun sekedar berswafoto.

Saya bersama seorang teman berangkat dari Semarang sekitar jam 7 pagi. Kami langsung menuju ke lokasi, dan hanya mampir ke mini market untuk membeli minum dan camilan serta secangkir kopi drive through. Total perjalan yang kami tempuh sekitar 3 jam melalui jalan tol Ungaran.

Sesampainya di Grojogan Kapuhan kami menyantap bekal yang kami bawa dari rumah, karena kami merasa lebih aman dan nyaman membawa bekal sendiri. Makan dengan pemandangan air terjun sangatlah nikmat. Sebenarnya ada sebuah gasebo yang cocok buat makan siang, tapi sudah ditempati orang. Jadi kami cukup puas dengan menikmati hidangan di dalam mobil.

Pilihan bekal dari Rempah Pawon Nona.

Setelah makan kami mulai mempersiapkan diri untuk turun ke lokasi dengan membawa kamera, karena selain berwisata kami ingin berburu foto. Perlengkapan kami, kamera dslr canon, sebuah kursi dan buku.

Suasana pedesaan nan asri terasa sekali pada saat kami turun dari mobil. Udaranya yang sejuk, matahari yang terik dan air sungai yang dingin pada saat menyentuh kulit terasa sangat menyegarkan.

Di lokasi juga disewakan beberapa pelampung bagi yang mau bermain air, karena ada beberapa bagian yang agak dalam bagi anak-anak. Cocok bagi yang mau sekedar berendam atau bermain air menikmati panorama sekitar.

Ada beberapa spot foto yang menarik di sana. Pemandangan di seberang grojogan juga tidak kalah menarik.

Apabila kita mau naik sedikit maka kita akan dapat melihat pemandangan dari atas grojogan yang sangat indah. Ada beberapa orang yang naik keatas juga, akan tetapi untuk anak-anak tidak disarankan, karena jalannya agak licin.

Kami selesai menikmati pemandangan dan mengambil beberapa foto sekitar pukul 1 siang. Rasanya cukup melelahkan, tapi kami merasa sayang kalau tidak mampir ke tempat wisata lain yang cukup dekat. Kemana? Akan saya bahas diblog selanjutnya ya. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s